Tentang Teknik Lingkungan

Teknik Lingkungan adalah sebuah program studi yang berusaha untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan dengan pendekatan teknologi, sehingga dapat melindungi kesehatan dan keselamatan manusia, serta lingkungan secara keseluruhan

Teknik Lingkungan dijabarkan sebagai pemikiran keteknikan dan keterampilan dalam memecahkan masalah pengendalian lingkungan yang menyangkut penyediaan air minum; sistem pembuangan dan pendaurulangan buangan cair, padat, dan gas; sistem drainase perkotaan dan desa serta sanitasi lingkungan; pengendalian pencemar dan pengelolaan kualitas air, tanah, dan udara; serta pengendalian dan pengelolaan dampak lingkungan.

 

Sejarah Teknik Lingkungan

Pada tahun 1960 di USA, saat itu program akademik di bidang teknik (engineering) dan kesehatan masyarakat (public health) mengembangkan ruang lingkup studinya dan  menbedakan gelar sesuai dengan program studi, pelajarannya, yaitu Insinyur Lingkungan (Environmental Engineer) dengan Insinyur Kesehatan Masyarakat (Public Health Expert).

Berdasarkan akar sejarah pembentukannya, akar teknik lingkungan melibatkan banyak bidang keilmuan, seperti, teknik sipil, kesehatan masyarakat, ekologi, kimia, serta biologi, geologi dan teknik mekanik, meteorologi. Namun, teknik sipil dan teknik kimia secara luas diakui sebagai unsur pembentuk utama teknik lingkungan. Beberapa negara, seperti USA, negara-negara Eropa, teknik lingkungan termasuk dalam  bagian teknik sipil, dimana materi perkuliahannya adalah kombinasi bidang sipil yang bergerak di bidang lingkungan. Jepang, Taiwan atau Malaysia, adalah contoh negara yang meletakkan teknik lingkungan dalam bidang teknik kimia.

Sejarah teknik Lingkungan di Indonesia

Pendidikan  Teknik Lingkungan di Indonesia, dimulai dengan  lahirnya Departemen Teknik Penyehatan,  Fakultas Teknis Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 10 Oktober 1962.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s