Taty Alfiah's Blog

…….while you teach, you learn……..

Contact Me

Advertisements

14 thoughts on “Contact Me

  1. Aww, Mbak tatty. kami dari desa Jepara yang ketempatan sumber polutan dan radioaktip dari PLTU Batubara, minta dukungan akademisi beri referensi tentang Polusi berbahaya dari PLTU batubara tsb. yang akan kami gunakan untuk prasyarat ijin dan Amdal PLTU di desa kami. juga rekom dari IATPI opsi teknologi penyehatan polutan PLTU batubara ini. jika bersedia tolong kabari, tksh WWW

    1. Salam kenal juga. Terima kasih ya….sudah berkunjung. cona nanti saya carikan…akhir2 ini jarang bisa buka blog

  2. Assalamu’alaykum Bu.

    alhamdulillah sekian lama saya cari blog yang membahas TL secara lengkap baru kali ini saya temukan. Oya bu kira-kira ibu ada contoh tugas desain pengolahan air buangan? terima kasih

    1. Maaf ya…kalau contoh desain saya tidak ada. Sebetulnya dengan belajar teori dan perhitungan…yakin bisa kok mengerjakan tugas desain.

  3. AssWrWb

    Just Sharing Knowledge

    Allah menciptakan planet bumi beserta material yang terkandung di dalamnya dan Allah juga menciptakan manusia sebagai penghuni di bumi. Hal ini memiliki arti bahwa apa yang ada di dalam bumi dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia.

    Berbicara mengenai konteks pemanfaatan sumber daya alam, manusia tidak henti – hentinya mengeksploitasi alam. Dan dari aktifitas tersebut manusia memiliki tanggung jawab besar diantaranya adalah nilai religi dan kerusakan fisik (kerusakan lingkungan).

    Untuk kerusakan lingkungan di dunia tambang khususnya di Indonesia, masih jauh dari kata good mining practice, apalagi dengan kebijakan baru bahwa pemerintahan daerah punya hak untuk melegalkan tambang dengan luasan kecil atau lebih dikenal dengan Ijin Kuasa Pertambangan, sedangkan untuk tambang besar perijinan yang dikeluarkan oleh Kementerian ESDM pusat dikenal dengan ijin PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara)

    Dengan adanya kebijakan tersebut akan banyak tambang – tambang baru yang tumbuh subur seperti jamur di musim hujan, memang sangat dramatis sekali bahwa kita membutuhkan material tersebut namun bila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan mudharot yg sangat besar.

    Oleh karena itu pemerintahan Indonesia membentuk perangkat hukum salah satunya adalah regulasi ttg pertambangan yang harus ditaati dan harus ada pejabat yang berwenang untuk menegakkan aturan tersebut
    sehingga konsep good mining practice benar – benar bisa diaplikasikan.

    Namun aktual berbicara lain, dengan banyaknya tambang – tambang baru dan sedikitnya pejabat negara yang punya hak untuk melakukan inspeksi lingkungan, membuat penerapan undang – undang tersebut tidak berjalan dengan baik.

    Mungkin selain cara yang telah ada, harus dibatasi pemberian ijin pertambangan sehingga kerusakan lingkungan bisa diminimalisir, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pejabat yang berwenang melakukan inspeksi

    1. Terima kasih sharingnya Anja.
      Sering2 nyumbang info (atau bikin blog sendiri)….tentunya uptodate kalau dari praktisinya langsung.
      Sekali lagi terima kasih.

    1. betul sekali. sy mencari mhs TL ITN malang yg pernah sy kenal nggak ketemu…… cuman yg kebetulan skrg jd Dosen di TL ITN Malang aja….sebagian angkatan 92, 93,94.
      Apa kabar Donny…? Donny Angkatan 93 kalau tidak salah ya…..

    1. Sepengetahuan saya, peraturan ttg B3 msh bersifat umum, belum spesifik pada masing2 sumber B3 seperti pada limbah cair. Trims.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s