Ledakan Hebat di Tianjin China diduga karena Natrium Sianida

Rabu, 12 Agustus 2015 lalu, telah terjadi tedakan hebat di pelabuhan Tianjin China. Sumber ledakan adalah bahan kimia yang diduga Natrium Sianida yang tersimpan di gudang Ruihai.
Ledakan pertama setara dengan ledakan 3 ton bom TNT, ledakan kedua 30 detik kemudian setara dengan 21 ton bom TNT. Demikian hebatnya ledakan tersebut sehingga dapat diamati oleh stasiun-stasiun luar angkasa beberapa negara.

UNILAD-tianjin-24Sebelum ledakan (kiri) setelah ledakan (kanan)

EPA-ONE-USE-TianjinArea bekas ledakan menyisakan lubang besar

Tianjin-explosionLedakan menghasilkan api yang besar

A-building-is-burnt-out-at-the-blast-site-after-the-deadly-explosionsGedung setelah ledakan

tianjinKompleks apartemen terletak sekitar 650 meter dari lokasi ledakan

Lokasi ledakan yang hanya terletak sekitar 700 m dari pemukiman, menyebabkan banyak jatuh korban. Korban ledakan diperkirakan sebanyak 112 orang meninggal, 95 dilaporkan hilang dan 720 orang masih dirawat di rumah sakit. Saat ini pemerintah setempat mengevaluasi area pada radius 1 kilometer dari lokasi ledakan.

0
Natrium Sianida atau [ Sodium Cyanide ] dengan rumus molekul NaCN.
SIFAT KIMIA DAN FISIKA

  1. Keadaan fisik : Padatan berbentuk kristal kubus atau serbuk, granul, serpihan yang dapat menyerap uap air sehingga menjadi cairan, tidak berwarna hingga putih, berbau seperti almond. Jika kering tidak berbau, tetapi jika menyerap air berbau sianida. Higroskopis.
  2. Titik lebur : 564°C
  3. Titik didih : 1496°C
  4. Tekanan uap : 1 mmHg pada 817°C; 10 mm Hg pada 983°
  5. Berat Jenis : 1,595 pada 20°C (air = 1)
  6. pH : Dalam larutan bersifat alkali kuat
  7. Indeks refraksi : 1,452
  8. Viskositas 4 cP pada 30°C (larutan 26% dalam air)
  9. Kelarutan Dalam air, 58% pada 20°C dan 82% pada 35°C; larut dalam ammonia; sedikit larut dalam alkohol

Natrium Sianida merupakan senyawa berbahaya
Bahayanya adalah :

  • Fatal jika tertelan
  • Menyebabkan luka bakar pada kulit dan kerusakan mata yang parah
  • Diduga merusak fertilitas atau janin
  • Sangat toksik bagi kehidupan akuatik

Oleh karena itu perlu tindakan yang berhati-hati, misalnya :

  1. Jangan lakukan apapun sebelum membaca dan memahami petunjuk keselamatan
  2. Basuh bagian yang terkena bahan dengan saksama sesudah menangani bahan ini
  3. Jangan menghirup debu atau kabutnya
  4. Kenakan sarung tangan, pakaian pelindung, dan pelindung mata/ wajah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh produsen/ pemasok atau pihak berwenang yang kompeten
  5. Dilarang makan, minum atau merokok sewaktu menggunakan bahan
  6. Hindari emisi ke lingkungan
  7. Cuci pakaian yang terkontaminasi sebelum dipakai kembali
  8. Jika tertelan : basuh mulut , jangan merangsang muntah dan segera hubungi pusat penanggulangan keracunan atau dokter/ tenaga medis
  9. Jika terkena mata : bilas secara hati-hati dengan air selama beberapa menit. Lepaskan lensa kontak jika mudah dilakukan. Lanjutkan membilas.
  10.  Jika terhirup : pindahkan korban ke udara segar dan istirahatkan pada posisi yang nyaman untuk bernafas
  11. Jika terkena kulit/ rambut : segera tanggalkan seluruh pakaian yang terkontaminasi, cuci kulit dengan air/ pancuran

PENYIMPANAN Natrium Sianida

  • Simpan di tempat yang sejuk dan kering, lindungi dari kerusakan fisik dan pisahkan dari bahan yang tidak boleh dicampurkan.

PENGGUNAAN Natrium Sianida

  • Sebagai insektisida dan mitisida untuk hasil panen bahan yang tidak disimpan atau untuk fumigasi truk.
  • Sebagai racun dosis tunggal atau berulang untuk melindungi lapangan rumput (pastures), range land dan hutan dari serangan anjing hutan atau rubah.
  • Digunakan untuk pewarna, pembersih optik, pertanian, obat-obatan, pengkelat atau seskuitering dan secara khusus digunakan untuk produksi nitril, karbilamin, asam lemak siano, logam berat sianida, alat pemanas, kepingan baja dan senyawa untuk pembukaan lahan untuk penanaman jamur (clearing smut).
  • Industri asam sianida dan beberapa senyawa sianida.
  • Komponen larutan elektroplating, elektrografi(EG)-Zn, komponen garam untuk menguatkan baja, ekstraksi emas dan perak dari tambang, depresan penggumpalan pada pemisahan hasil tambang.
  • Pembersih logam, industri pewarna, nylon, pengkelat, dan bahan untuk rodentisida

EFEK TERHADAP KESEHATAN
a. Terhirup

  • Paparan Jangka Pendek : Dapat menyebabkan iritasi pada hidung dan selaput lendir. Dalam konsentrasi yang sedikit lebih dari 5 mg/m3, kabut sianida alkali dilaporkan dapat menyebabkan luka dan pendarahan pada hidung. Jika terserap dalam jumlah yang cukup, dapat terjadi efek sistemik, sebagaimana halnya pada paparan tertelan jangka pendek.

• Paparan Jangka Panjang

  • Paparan oleh senyawa sianida dalam konsentrasi yang rendah dengan jangka waktu yang lama dilaporkan dapat menyebabkan penurunan selera makan, sakit kepala, kelemahan, mual, pusing dan gejala iritasi pada saluran pernafasan bagian atas.

b. Tertelan

  • Paparan Jangka Pendek : Dosis yang sangat besar dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran secara tiba-tiba, seringkali disertai kejang dan kematian, umumnya dalam jangka waktu 1 – 15 menit. Konsentrasi yang lebih rendah dapat mengakibatkan korosi pada selaput lendir lambung, bau amandel yang tidak enak pada nafas, rasa terbakar, rasa tercekik pada tenggorokan, erupsi noda bintik pada wajah, pengeluaran air liur, mual dengan atau tanpa disertai muntah, kegelisahan, rasa bingung, pusing, perasaan gamang, rasa lemah, sakit kepala, denyut nadi cepat, palpitasi, kekakuan pada rahang bagian bawah, dan opisthotonos, Laju dan kedalaman pernafasan umumnya meningkat pada awalnya, dan kemudian menjadi lambat dan terengah-engah. Dapat terjadi pengeluaran urin diluar kemauan serta diare. Pada tahapan kejang-kejang, dapat diikuti dengan kelumpuhan. Bola mata dapat menonjol keluar dan manik mata dapat menjadi tidak reaktif. Kerusakan terhadap saraf optik dan retina, serta kebutaan kemungkinan dapat terjadi. Mulut dapat berbusa, yang terkadang disertai darah, merupakan indikasi terjadinya edema paru. Jika kematian terjadi, biasanya dalam jangka waktu 4 jam dan dapat disebabkan karena terhentinya fungsi sistem pernafasan atau anoreksia pada jaringan. Gejala lain dapat meliputi nyeri dada, bicara tidak teratur, dan tahapan stimulasi pada susunan saraf pusat yang bersifat sementara yang disertai hypernea dan sakit kepala.
  • Paparan Jangka Panjang : Paparan oleh senyawa sianida dalam konsentrasi yang rendah dengan jangka waktu yang lama dilaporkan dapat menyebabkan penurunan selera makan, sakit kepala, kelemahan, mual dan pusing.

c. kontak dengan mata

  • Paparan Jangka Pendek : Debunya dapat menyebabkan iritasi. Larutan bersifat korosif dan dapat menyebabkan kemerahan, rasa nyeri, penglihatan kabur, dan luka pada kornea yang serius. Dengan adanya air mata, dapat terjadi toksisitas sistemik, menyebabkan efek sebagaimana halnya pada paparan tertelan jangka pendek.
  • Paparan Jangka Panjang : Efek bergantung pada konsentrasi dan durasi paparan. Kontak berulang atau terus-menerus dengan senyawa korosif dapat menyebabkan radang selaput ikat mata atau efek sebagaimana yang halnya pada paparan jangka pendek.

d. Kontak dengan kulit

  • Paparan Jangka Pendek : Kontak langsung dengan larutan natrium sianida dalam air atau bentuk padatan pada kulit yang lembab dapat menyebabkan kemerahan, rasa nyeri, luka bakar, dermatitis kontak dan tukak yang penyembuhannya bersifat lambat. Natrium sianida dapat terserap melalui kulit, khususnya bila terdapat luka yang terbuka. Jika terserap dalam jumlah yang cukup, dapat terjadi efek sistemik, sebagaimana halnya pada paparan tertelan jangka pendek.
  • Paparan Jangka Panjang : Paparan berulang atau terus-menerus dapat menyebabkan dermatitis dan “ruam sianida“, dengan gejala gatal-gatal, erupsi berupa makula, papula, dan vesikula. Paparan oleh senyawa sianida dalam konsentrasi yang rendah dengan jangka waktu yang lama dilaporkan dapat menyebabkan penurunan selera makan, sakit kepala, kelemahan, mual dan pusing.

Sumber :
http://www.enviro.bppt.go.id/sipop/B3/NatriumSianida.htm
http://www.mirror.co.uk/news/world-news/china-tianjin-explosion-haunting-pictures-6263573
http://www.unilad.co.uk/articles/you-wont-believe-the-size-of-the-crater-left-by-the-tianjin-explosion/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s