Air Tanah sebagai sumber air bersih

Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Air tanah merupakan salah satu sumber daya air yang keberadaannya terbatas.
Keberadaan air tanah tergantung pada lingkungan vegetasi di sekitar lokasi yang mempengaruhi adanya reservoir (tampungan) di dalam tanah.
Air tanah dapat dibedakan:

  1.   air tanah tertekan disebut juga air artesis, yakni air pada lapisan pembawa yang terapit oleh dua lapisan kedap (air yang menyembur saat pengeboran),
  2.   air tanah yang tak tertekan atau air tanah bebas, ialah air tanah yang tidak terapit oleh lapisan penyekap (biasanya kita jumpai di sumur gali)

Mata air merupakan air tanah yang muncul ke permukaan karena adanya rongga dan tekanan yang mendukung keluarnya air secara terbuka. Air tanah ini mengalir secara grafitasi dari tempat yang lebih tinggi dari tempat ia keluar.
Pada musim kemarau, suatu lokasi yang terdapat sumber air tanah dapat mengalami kekurangan air, tetapi pada musim hujan terkena banjir. Salah satu masalah yang mungkin timbul adalah apakah air yang disimpan tersebut masih berada dalam reservoir yang kita inginkan atau barangkali sudah berpindah (migrasi) ke tempat lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s