Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)

Indeks Standar Pencemar Udara atau (ISPU) adalah angka yang tidak mempunyai satuan yang menggambarkan kondisi kualitas udara ambien di lokasi dan waktu tertentu yang didasarkan kepada dampak terhadap kesehatan manusia, nilai estetika dan makhluk hidup lainnya .

Indeks Standar Pencemar udara dapat digunakan sebagai :

  •  bahan informasi kepada masyarakat tentang kualitas udara ambien di lokasi dan waktu tertentu.
  •  bahan pertimbangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan dan pengendalian pencemaran udara.

3 responses to “Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)

  1. Yang disertifikasi adalah matapelajaran bidang studi yang diampu diajar, bukan yang disukai atau sesuai ijazah.

  2. InsyaAllah ISPU efktif untuk pengelolaan kualitas udara pada suatu wilayah.
    Berdasarkan hasil ISPU, maka dapat dilakukan upaya2 untuk pengelolaan kualitas uadar oleh instansi terkait. ISPU sdh digunakan di berbagai negara. Indonesia termasuk yg mengadopsinya.
    Untuk hasil pemantauan ISPU berbeda-beda setiap tempat. Tergantung sumber pencemar udara yang ada, kondisi geografis, meteoroliorologi, dll. Data ISPI biasanya ada papan displaynya…pada beberapa bagian wilayah kota. Sepertinya belum semua kota di Indonesia ada pemantaua ISPU. Jadi data ISPU bersifat spesifik untuk setiap wilayah./ kota.
    Ozon itu ada 2 jenis berdasarkan tempatnya. Ada ozon baik, ada ozon buruk/jelek. Ozon yang berada pada lapisan atmosfer terdekat dengan permukaan bum (troposfer) adalah bad ozone, karena keberadaan secara alami tidak ada. jadi ozon di troposfer adalah ozon pencemar yang dihasilkan oleh berbagai sumber.
    sedangkan ozon yang berada pada lapisan atmosfer stratosfer (lapisan atmosfer di atas trposfer) adalah good ozone. Ozone di lapisan stratosfer harus dijaga konsntrasinya karena berfungsi menyaring sinar matahari, sehingga bagian sinar matahari yang sampai permukaan bumi adalah bagian sinar matahari yang tidak berbahaya bagi makhluk hidup.
    Lubang ozone (ozone holes) lebih tepatnya adalah penipisan ozone (ozone depletion). memang terjadi di beberapa bagian atmosfer bumi, khususnya di wilayah kutub, Konsentrasi ozone menurun oleh berbagai sebab, Coba bowsing ada data yang menunjukkan penurunan konsentrasi ozone dari tahun ke tahun, bahwa penipisan ozon bukan opini.
    Semoga bermanfaat.

  3. Makasih ya infonya..tp, utk Indonesia, wlopun sdh ada Kep Ment n Kep Bapedal tsb. Apakah mmg benar ISPU tsb efektif digunakan n sgr dilakukan tindakan2 antisipasi bila ternyata kondisinya sdh berada pd thp berbahaya?..terutama di kota2 industri, kota2 besar yg sptnya kondisi udara mkin kotor..apa antisipasi2 utk kondisi tsb?..rata2 di daerah2 /kota2 besar Indonesia mnurut ISPU sdh berada pd kondisi mana (hsl pngukuran spt tabel di atas)..maaf nanya lg ya: utk parameter pngukuran Ozon itu teknisnya bgmn? Krn skr opini umum mnyatakn bhw kondisi ozon bumi makin mnipis..? Trimakasih atas share ilmunya..wassalamualaikum wr wb..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s