Bagian 2 : Mengenal Pamsimas ……

tulisan sebelumnya.…..

Sejarah Pamsimas

 1.WSSLIC 
WSSLIC (Water Supply and Sanitation for Low Income Communities) dilaksanakan pada tahun 1993 – 1999.
Wilayah kerja WSSLIC meliputi 6 provinsi (Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Nusa Tenggara Timur), 39 kabupaten dan sekitar 2.026 desa.

2.WSLIC-2 
WSLIC-2  (The Second Water and Sanitation for Low Income Communities) kegiatannya dimulai tahun 2000 dan berakhir pada tahun 2009.
Daerah kerja WSLIC-2 meliputi 8 provinsi,  37 kabupaten dan menjangkau sekitar 2.350 desa.  Provinsi yang merupakan daerah kerja WSLIC-2 meliputi :  Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka-Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

3.Pamsimas (WSLIC-3)
Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat), atau dikenal dengan  Third Water Supply and Sanitation for Low Income Communities (WSLIC-3). Pamsimas efektif dijalankan sejak 6 Juni 2008 dan berakhir pada tahun 2013.
Pemerintah menargetkan 15 provinsi, 110 kabupaten/kota, dan 5.000 desa/kelurahan untuk proyek ini termasuk program replikasi 506 desa. (Replikasi = meniru dan mengembangkan program sejenis (cloning) di desa-desa lainnya). Dengan demikian Pamsimas diharapkan mampu mencakup 5.000 desa dari 36.000 desa tertinggal yang memiliki keterbatasan terhadap sarana air minum dan sanitasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s